-->

Macam - macam Layanan WAN (Wide Area Network)



    Ada berbagai macam jenis Area Network seperti LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), PAN (Personal Area Network), WAN (Wide Area Network), dan lain sebagainya..
Disini saya akan membahas Jenis-jenis dan Penjelasan Layanan WAN (Wide Area Network).....

Ada berbagai macam jenis Layanan WAN (Wide Area Network), yaitu:

  1. PSTN (Public Switched Telephone Network)
  2. Leased Lines
  3. X.25
  4. Frame Relay
  5. ISDN
  6. ATM

Berikut adalah penjelasan dari masing - masing Layanan WAN :
  1. PSTN

    Jaringan Public Switched Telephone yang merupakan komunikas WAN yang kuno dan banyak dipakai diseluruh dunia. PSTN adalah teknologi WAN yang menggunakan jaringan Circuit Switched yang berbasis Dial-Up atau Leased Line menggunakan line telpon dimana data dari digital pada sis komputer dikonversikan ke analog menggunakan modem dan data berjalan dengan kecepatan terbatas sampai 56 kbps saja.
  2. Leased LinesLeased Lines atau bisa disebut Dedicated Line adalah tekonologi WAN menggunakan koneksi langsung permanen antar perangkat dan memberikan koneksi kualitas line konstan.
    Layanan ini lebih mahal tentunya dibandingkan PSTN menurut kebutuhan.
  3. X.25

    X.25 dispesifikan oleh ITU-T suatu teknologi Paket Switching melalui PSTN.X.25 dibangun berdasarkan pada Layer Physical dan Data Link pada model OSI. Awalnya X.25 menggunakan line analog untuk membentuk jaringan Paket Switching, walaupun X.25 bias saja dibangun melalui jaringan digital. Protocol - Protocol X.25 mendefinisikan bagaimana koneksi antar DTE dan DCE diset-up dan dimaintain dalam PDN- Public Data Network.
    Anda perlu berlanggana untuk layanan  X.25 ini yang bisa menggunakan line dedicated kepada PDN untuk membuat koneksi WAN.
    X.25 menggunakan frame sebagai variabel berukuran paket. Menyediakan deteksi error dan juga koreksinya untuk menjamin kehandalan melalui Line Analog yang berkualitas rendah.
  4. Frame Relay

    Frame Relay adalah salah satu teknologi WAN dalam Paket Switching dimana komunikasi WAN melalui Line Digital berkualitas tinggi.
  5. ISDN (Integrated Services Digital Network)

    ISDN mendefiniskan standard dalam menggunakan Line Telephone Analog untuk transmisi data baik analog maupung digital.
  6. ATM (Asynchronous Transfer Mode)

    ATM adalah koneks WAN berkecepatan tinggi dengan speed sampai 155 Mbps bahkan 622 Mbps. ATM bias mentransmisikan data secara simultan dengan digitized voice dan digitized vide baik LAN maupun WAN.
    ATM menggunakan cell berukuran kecil (523 byte) yang lebih mudah diproses dibandingkan cell variabel pada X.25 atau frame Relay.
    Kecepatan Transfer bisa setinggi sampai 1.2 Gigabit.
    Merupakan Line Digital berkualitas tinggi dan low noise dan tidak memerlukan error checking.
    bisa menggunakan media transmisi dari Coaxial, Twisted, atau Fiber Optic.

Itulah Jenis-jenis dan Penjelasa Layanan WAN, semoga menambah wawasan sobat yang sedang haus ilmu tentang Jaringan (Network)... Thanks For Reading Guys.....

0 Response to "Macam - macam Layanan WAN (Wide Area Network)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel